Rabu, 04 Januari 2017

Pasar Monopoli

PASAR MONOPOLI

Karakteristik Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah industri satu perusahaan
Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip
Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri
Dapat mempengaruhi penentuan harga
Promosi iklan kurang diperlukan

Faktor-faktor yang menimbulkan monopoli
Terdapat tiga faktor yang dapat menyebabkan terwujudnya  pasar (perusahaan ) monopoli. Tiga faktor tersebut adalah :
·         Perusahaan Monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
·         Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi ( economics of scale ) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
·         Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
Jenis Monopoli yang tidak dilarang :
·         Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.

·         Monopoli byNature                                                                                                      
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena di dukung iklim dan lingkungan  tertentu.

·         Monopoli byLicense                                                                                                   
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.


Kerugian yang disebabkan oleh Pasar Monopoli
·         Ketidakadilan karena monopoli akan memperoleh keuntungan di atas keuntungan normal
·         Volume produksi ditentukan oleh monopolis sehingga terjadilah eksploitasi oleh monopoli terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi .

Upaya pemerintah dalam mencegah kerugian yang disebabkan oleh pelaku monopoli
Pemerintah dapat mecegah kerugian-kerugian yang disebabkan oleh pelaku monopoli dengan cara-cara sebagai berikut :
·         Mencegah munculnya monopoli dengan membuat undang-undang.
·         Pemerintah mendirikan atau mengontrak perusahaan tandingan yang mampu menyaingi monopolis.
·         Melalui kebijaksanaan impor dan ekspor tercipta kestabilan harga dalam negeri dan memperlancar arus barang keluar negeri.
·         Campur tangan pemerintah dalam menentukan harga. Melalui penetapan harga maksimum untuk melindungi konsumen

Kelebihan dan Kelemahan Pasar Monopoli
·           Kelebihan Pasar Monopoli
1.      Mampu mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang
2.      Menghasilkan output yang besar melalui peningkatan efisiensi
3.      Mampu meningkatkan investasi ekonomi
4.      Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
·         Kelemahan Pasar Monopoli
1.      Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen
2.      Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
3.      Memburuknya kondisi makroekonomi nasional
4.      Memburuknya kondisi perekonomian Internasional


Monopoli dan Diskriminasi Harga
Adakalanya terbuka  kemungkinan kepada perusahaan monopoli untuk menjual barangnya di dalam dua pasar ( misalnya pasar dalam dan luar negeri ) yang sangat berbeda sifatnya. Biasanya sifat permintaan di kedua pasar tersebut juga sangat berbeda. Untuk memaksimumkan keuntungannya perusahaan monopoli dapat menjalankan kebijakan diskriminasi harga.

Syarat-Syarat Diskriminasi Harga
·         Barang tidak dapat dipindahkan dari satu pasar ke pasar lain
·         Sifat barang atau jasa itu  memungkinkan dilakukan diskriminasi harga.
·         Sifat permintaan dan elastisitas permintaan di masing-masing pasar haruslah
sangat berbeda.
·         Kebijakan diskriminasi harga tidak memerlukan biaya yang melebihi tambahan
keuntungan dari kebijakan tersebut.
·         Produsen dapat mengeksploiter beberapa sikap tidak rasional konsumen


Tidak ada komentar:

Posting Komentar