Pengertian
Pasar Persaingan Sempurna
Struktur Pasar memiliki arti penggolongan produsen kepada
bentuk pasar berdasarkan ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan,
banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam
industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Para analisa ekonomi
membedakan struktur pasar menjadi 4 jenis yaitu : Pasar Persaingan Sempurna
(yang kita bahas sekarang), Pasar Monopoli, Persaingan Monopolistis, dan Pasar
Oligopoli.
Pasar persaingan sempurna dapat diartikankan sebagai suatu
struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan
setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
Ciri-Ciri Pasar Persaingan
Sempurna
Ø Penjual
bersifat pengambil harga (price taker)
Pengambil
harga atau price taker berarti suatu perusahan yang ada di
dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan
perusahaan dalam pasar, tidak akan menimbulkan perubahan harga pasar yang
berlaku. Harga barang di pasar ditentukan oleh komunikasi diantara keseluruhan
produsen dan pembeli(konsumen). Seorang produsen tidak dapat mempengaruhi
penentuan harga atau tingkat produksi pasar. Peranannya sangat kecil tersebut
disebabkan karena jumlah produksi yang diciptakan produsen sebagian kecil dari
jumlah barang yang dihasilkan dan diperjual-belikan.
Ø Setiap
perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya
perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri tersebut,
langkah ini dapat dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsen yang
ingin melakukan kegiatan di industri tersebut, produsen tersebut dapat dengan
mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
Ø Barang
yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain.
Barang
yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Pembeli
tidak dapat membedakan yang mana dihasilkan oleh produsen A atau B.
Ø Jumlah
penjual dan pembeli banyak
Jumlah
perusahan sangat banyak dan relatif kecil jika dibandingkan dengan
jumlah produksi dalam industri tersebut. Menyebabkan kenaikan atau penurunan harga, sedikitpun tidak mempengaruhi harga yang berlaku dalam pasar tersebut.
jumlah produksi dalam industri tersebut. Menyebabkan kenaikan atau penurunan harga, sedikitpun tidak mempengaruhi harga yang berlaku dalam pasar tersebut.
Ø Pembeli
mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Pembeli
mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan ke atas harga
tersebut. Sehingga produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lain lebih tinggi dan pada yang berlaku di pasar.
tersebut. Sehingga produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lain lebih tinggi dan pada yang berlaku di pasar.
Karakteristik Pasar
Persaingan Sempurna
Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakan
persaingan sempurna :
a. Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
(homogeneous product)
b. Produsen dan konsumen
memiliki pengetahuan / informasi sempurna (perfect
knowledge)
knowledge)
c. Output sebuah perusahaan
relative kecil dibanding output pasar (small relatively output)
d. Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
(price taker)
e. Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free
entry and exit)
Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna
· Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
1. Harga
Jual barang dan jasa adalah yang termurah
2. Jumlah
Output Paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran
maksimal)
3. Masyarakat
merasa nyaman dalam mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih
barang dan jasa (produk yang homogen)
4. Tidak
takut ditipu dalam kualitas harga (informasi sempurna)
5. Penggunaan
sum,ber-sumber daya adalah sangat efisien dalam pasar persaingan
sempurna
· Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
1.
Kelemahan dalam hal asumsi dengan fakta
2.
Perolehan laba yang hanya sebatas laba
normal membuat perusahaan tidak memiliki dana untuk melakukan riset dan
pengembangan sehingga inovasi menjadi tidak dilakukan
3.
Konflik efisiensi dan keadilan. Jika
persaingan terjadi antar negara maka perusahaan dari negara maju akan
memenangkan persaingan karena mereka pasti beroperasi lebih efisien
4.
Kelemahan dalam pengembangan teknologi
5.
Konflik efisiensi keadilan
6.
Persaingan sempurna tidak mendorong
innovasi
7.
Persaingan sempurna adakala nya
menimbulkan biaya social
8.
Membatasi pilihan konsumen
9.
Biaya produksi dalam persaingan sempurna
mungkin lebih tinggi
10. Distribusi
pendapatan tidak selalu merata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar